banjir-bandung-pasteur-terendam
Artikel, Berita

Banjir di Bandung Lebih Cepat Surut

0 170

Beberapa hari yang lalu masyarakat di daerah Kota Bandung di kejutkan dengan adanya banjir Cileuncang yang datang tiba-tiba dan mengalir sangat deras. Video datangnya air pun di rekam oleh sebagian warga Bandung dan menjadi viral di media sosial. Tidak hanya sampah yang hanyut dalam banjir tersebut tetapi harta benda berupa kendaraan bermotor pun ikut hanyut tak terselamatkan oleh dahsyatnya banjir tersebut.

Hujan deras dan lama yang turun sepanjang hari Senin (24/10), mengakibatkan banjir besar yang tak pernah terjadi sebelumnya. “Ini akibat meluapnya sungai Citepus, dan bobolnya irigasi Citepus. Meluapnya sungai juga disebabkan oleh dangkalnya sungai dan banyaknya sampah yang menyumbat aliran sungai. Sementara drainase perkotaan tidak mampu menampung aliran permukaan dari hujan yang lebat menyebabkan banjir parah,” kata Haryadi pula. (sumber : bbc.com)

Di sisi lain, walaupun banjir kali ini cukup parah dan merugikan tetapi masyarakat bisa sedikit berlega hati karena banjir tersebut tidak berlangsung lama. hanya dalam waktu 1-2 jam banjir tersebut telah surut. hal ini dikarenakan adanya pembangunan tol air yang dibangun untuk menyalurkan air yang menggenang sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk menyurutkannya.

Ratusan relawan tampak di berbagai penjuru, membantu para petugas dari berbagai instansi yang melakukan pembersihan kota khususnya dari lumpur.

Ini merupakan banjir besar yang keempat yang melanda Jawa Barat tahun ini, setelah Kabupaten Bandung yang merupakan kawasan rutin terdampak banjir, Subang, dan Garut.

(Sumber foto : solopos)

 

 

About the author / 

mitgeoft_admin

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

PENELITIAN

WEB TERKAIT

Contact Us

Department of Geological Engineering,
Faculty of Engineering,
Gadjah Mada University


Alamat :
Jl. Grafika no 2 , Kampus UGM, Yogyakarta Indonesia 55281
Phone :
(0274) 513665

LATEST COMMENTS

    CATEGORIES

    Calendar

    October 2016
    M T W T F S S
    « Aug   May »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31